Hampir semua, atau bahkan Semua pengguna Internet pasti tau Google, Microsoft, dan Yahoo, dan mungkin sebagian besar kenal dengan Facebook dan Twitter. Tiga pertama dikenal terutama dari layanan Search engine (Google search, Bing, Yahoo Search) dan emailnya (Gmail, Hotmail, Yahoomail), yang mingkin hampir setiap online kita pakai, dan dua terakhir merupakan layanan jejaring sosial, yang mungkin sebagian besar dari kita punya akun di salah satu atau keduanya.

Ups.. sebelum kepanjangan.. disini aku bukan mau membahas google, microsoft, facebook, atau twitter, tapi Yahoo dan Koprol. Koprol? Apa itu?

Bagi yg kenal Facebook dan Twitter, Koprol adalah jejaring sosial mirip facebook dan twitter namun berbasis lokasi, mungkin sebagian dari kita ada yang kenal foursquare atau gowalla, Nah koprol mirip dengan FoureSquare atau Gowalla. Dan satu lagi yang paling penting, Koprol adalah produk asli Indonesia.

Streamline Koprol mirip dengan twitter dimana satu prol/stream (sebutan untuk postingan di koprol) berisi maksimal 148 karakter, namun berbeda dengan twitter, di koprol kita bisa komentar dan diskusi di stream tersebut seperti di facebook. Dan juga sama seperti di Foursquare, kita bisa checkin di di lokasi dimana kita berada saat ini dan melakukan review atau melihat review tempat tersebut. Kita juga bisa Suggest atau mengusulkan tempat baru untuk di tambahkan di Koprol, nanti para @kurator akan mereview, kalo tempat tersebut benar ada dan datanya sesuai dan lengkap, tempat tersebut akan di approve, dan kita bisa check in disitu.

Kita juga bisa melihat siapa saja yg sedang checkin di sekitar dilokasi checkin. Buatku disinilah kelebihan Koprol dari twitter dan facebook. Kita bisa komentar di stream org yg satu lokasi dengan kita yg awalnya kita ga saling kenal bisa jadi saling kenal bahkan jadi akrab. Akibatnya muncullah berbagai komunitas koprol daerah, seperti dijogja ada @kopijos, Kopijos.org yg minggu kemarin baru saja ngadain Kopdar Nasional, dan kopdar kopijos sendiri pesertanya sampai 53 org.. hehe.. *kok panjang? :p *

Trus apa hubungannya Yahoo, Koprol dan Iklan TV?

Sejak semalam di streamline koprolku (@aku345) rame banget yg post stream tentang iklan Yahoo Koprol di TV. Oh iya.. belum aku ceritain ya bahwa sejak Mei yang lalu Yahoo telah mengakuisisi Koprol, sehingga namanya sekarang jadi Yahoo Koprol. Keren ga tuh, Produk Indonesia ternyata sudah diakui kehebatannya sama Yahoo 😀 .

Diiklan yang bertema “New to Net” ini yahoo mempromosikan koprol kepada masarakat Indonesia terutama yang belum mengenal Internet. Karena menurut data pengguna internet di Indonesia baru sekitar 25juta dari 250juta penduduk indonesia. Makanya dengan iklan ini diharapkan akan semakin banyak masyarakat yang terkoneksi ke internet. Mungkin sebagian besar dari kita tahu “Pintu Kemana Saja” Doraemon, yang dengan pintu tersebut kita bisa pergi kemana saja yang kita inginkan, nah di iklan ini ada seseorang yang membawa pintu ungu ke mana saja (red: pintunya yg dibawa kemana *klo ga salah :p *)..

Dengan iklan ini Yahoo ingin menggenalkan internet kepada masyarakat bahwa dengan internet kita bisa kemana saja, kita bisa tau berbagai tempat di seluruh dunia hanya dengan Satu Pintu yaitu Internet. Dan dengan Koprol kita bisa bertemu siapa dan ngobrol dengan siapa saja bahkan yang belum kita kenal sekalipun.

Btw, ada yang udah lihat Iklannya Yahoo Koprol? Bisa diceritakan dong gmn iklannya.. 😀 maklum aku sendiri belum liat.. hihi… and  paragraf atas yg terakhir itu cuma nebak2.. 😀

Btw2, ada yg udah gabung di Koprol?

Ini beberapa screenshoot iklannya.

PS: Gambar diambil dr padmanegara.wordpress.com