Setelah melakukan Update Browser ke versi Terbaru jadi tertarik untuk mencoba melakukan perbandingan kemampuan tiap-tiap browser yang sudah terinstal di PC dalam mengolah dan menjalankan HTML5. Sekalian untuk mengetahui klaim siapakah yang paling benar, karena semua browser mengklaim merekalah yang paling cepat.

Versi browser yang di test dalam Benchmark ini adalah versi terbaru saat artikel ini ditulis:
– Firefox 4.0
– IE 9.0
– Opera 11.1
– Google Chrome 12dev (Khusus Chrome kebetulan yang terinstall versi 12dev)
– Safari 5.05

Pada Benchmark HTML5 ini digunakan 4 Situs Benchmark yang berbeda untuk mendapatkan hasil benchmark yang maksimal. Masing-masing browser ditest sebanyak 3 kali pada setiap benchmark dan dipilih score yang tertinggi.   Dengan sistem penilaian diberikan 4 poin untuk Posisi pertama pada tiap benchmark, 3 poin untuk posisi kedua, dan seterusnya, 0 poin untuk posisi terakhrir.

GUIMark 2

Ada 3 jenis test yang dilakukan dengan GUIMark 2 ini yaitu Bitmap Game, Text Rendering, dan Vector Chart Rendering:

Pada Benchmark GUIMark 2 Meskipun pada Bitmap Games Test IE 9 memperoleh score tertinggi namun Firefox 4 berhasil memperoleh nilai tertinggi karena pada 2 test lainnya Firefox 4 berhasil melewati score IE 9 dengan selisih score yang cukup jauh. Sementara Google chrome walaupun pada Test Text dan Bitmap Game mendapat score yang lumayan, namun pada test Vector chart hasilnya sangat Buruk dengan hanya mendapat score 6.45.

Asteroids Benchmark

Test Kedua dengan Menggunakan Asteroid Benchmark untuk melihat kemampuan Rendering Canvas 2D dalam merender Game:

Pada Benchmark Asteroids ini IE 9 berhasil mengungguli semua browser dengan score yang sangat tinggi 3040, walaupun pada beberapa bagian test IE berjalan sangat lambat jika di bandingkan dengan Chrome yang berjalan lancar hampir disemua test. Sementara Firefox menunjukkan hasil yang sangat mengecewakan, berbanding terbalik dengan hasil Benchmark GUIMark pada Benchmark Asteroid ini hampir di keseluruhan test firefox berjalan sangat lambat sehingga score yang di dapat pun hanya 1/4 dari score IE 9.

HTML5Test

HTML5Test ini digunakan untuk melihat sejauh mana dukungan atau support dari masing-masing browser terhadap fitur-fitur HTML5:

Senasib dengan Firefox yang pada test sebelumnya berada di posisi pertama kemudian jatuh ke posisi terakhir. Ketika di test di html5test.com Hasil Test IE 9 ternyata sangat mengecewakan, sebagian besar fitur-fitur HTML 5 belum di dukung oleh IE 9, seperti WebGL, WebM, dan Web Application, termasuk fitur security. Sebaliknya pada Google Chrome 12 sebagian besar fitur HTML5 telah didukung, hanya beberapa fitur yang belum di dukung Chrome 12.

Real World Benchmark

Test terakhir adalah dengan Real World Benchmark dari Clubcompy.com. Ada 5 test yang dilakukan dengan Real World Benchmark ini:

Pada test ini kembali IE 9 berada di urutan terakhir dan Google Chrome 12 di urutan pertama dengan score 15847.

Score Akhir:

Dari 4 benchmark yang dilakukan Google Chrome 12 menjadi browser terbaik dengan Total Score 12 poin, Chrome berhasil unggul di 2 Benchmark dan secara performa pun berada di atas rata-rata dari browser lain. Opera 11 berhasil menduduki posisi kedua dengan 10 poin, walaupun secara performa bisa dibilang rata-rata namun hasil yang di peroleh stabil hampir di setiap benchmark. Sementara IE 9 dan firefox memperoleh score yang sama yaitu 7, jika di lihat dari performa rendering selama benchmark IE 9 seharusnya lebih unggul bahkan dibanding Opera 11, namun karena support terhadap fitur HTML 5 yang masih kurang sehingga firefox berhasil menduduki peringkat 3. Sementara Safari hampir pada semua benchmark memberikan hasil yang di bawah rata-rata bahkan cenderung kurang memuaskan.