Bagi yang sudah membaca buku kedua Dwilogi Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy pasti sudah membaca kisah ini. Kisah yang menggambarkan Bangsa Indonesia Saat Ini

Kisahnya sebagai berikut:

Pada suatu hari Ada seekor singa yang melahirkan anaknya, namun induk singga tersebut meninggal setelah melahirkan anak singa.

Kemudian datanglah kumpulan kambing melewati singa yang mati tersebut. Salah seekor kambing itu merasa kasihan dengan si anak singa, dan ia pun akhirnya mengajak si anak singa dan merawatnya seperti anaknya sendiri. Sampai akhirnya Si anak singa itu tumbuh menjadi singa yang dewasa dan kuat.

Pada suatu hari datanglah seekor srigala yang sedang kelaparan, srigala tersebut mendekati kumpulan kambing itu. dan berusaha menangkap salah satu kambing. kemudian si induk kambing menyuruh si singa untuk megusir srigala tersebut. Karena dia singa pasti si srigala akan takut dengannya. Pikir si induk kambing. Namun apa yang terjadi.. Si singga ini bukannya berani mengusir srigala, tapi dia malah ikut lari bersama gerombolan kambing.. Dan ketika ia mengeluarkan suara bukan suara singa yang keluar tapi suara kambing..

Ketika dia diberitahu bahwa dia adalah singa.. dia lebih kuat dari srigala.. dan srigala takut sama dia.. dia malah menjawab “bukan, aku adalah kambing, aku lemah seperti kambing lainnya.. aku juga takut dengan srigala.. aku tidak berani melawan srigala..”

Melihat hal itu si srigala yang awalnya merasa ketakutan dengan si anak singa menjadi berani kembali.. si srigala tahu bahwa yang ada dihadapannya adalah Seekor singa yang kekar dan kuat.. namun bermental Kambing yang penakut dan lemah.. dan si srigala kembali menerjang ke arah kumpulan kambing dan anak singa..

Indonesia adalah bangsa singa.. dan mungkin kita adalah salah satu singa itu..

Singa yang kehilangan jati dirinya.. singa yang tidak sadar akan kemampuannya yang sesungguhnya.. Singa yang tidak mau merubah hidupnya.. yang tidak mau mengembangkan potensi yang dimilikinya.. karena terbiasa hidup santai.. terbiasa bermalas-malasan..

Singa yang bermental kambing.. singa yang merasa dirinya adalah kambing.. karena lingkungan membentuknya sebagai kambing..

Lalu, Apakah kita tidak mau kembali menjadi singa?