Bagi mereka yang sering atau setidaknya pernah berpindah-pindah webhosting mungkin pernah mengalami hal ini. Setelah website kita di pindahkan/pindahan hosting, dan semua settingan sudah di rubah, termasuk nameserver (NS) di domain kita.. tetep saja ketika kita membuka situs kita masih mengarah ke hostingan yang lama. bahkan hal ini bisa berlangsung berhari-hari.. seperti yang pernah aku alami salah satu situsku ga mau resolve ke Hosting baru sampai 1 minggu..

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengecek apakah situs kita benar-benar sudah resolve ke hosting yang baru atau belum.

1. Coba buka situs kita dari komputer lain di jaringan lain, jika di warnet coba buka dari warnet lain.
2. Cek Whois situs kita apakah NS situs kita sudah mengarah ke NS hosting baru, salah satu yang sering aku gunakan adalah internic.net/whois.html
3. Check IP situs kita apakah sudah mengarah ke IP webhosting baru bisa menggunakan IPlocator atau yg lainnya.

Jika setelah di cek menggunakan salah satu dari 3 cara diatas, ternyata situs kita sudah mengarah ke web hosting kita yang baru, berarti masalahnya adalah di DNS cache ISP kita, Cache di ISP kita belum di ganti. ISP biasa melakukan Caching DNS agar akses ke suatu situs menjadi lebih cepat, karena tidak perlu lagi mengecek DNS tapi langsung akses ke IP situs tersebut. Namun hal ini sering membuat masalah ketika situs tersebut pindah hosting atau berganti IP, jika cache di ISP tidak di hapus atau diganti, maka ketika kita membuka situs tersebut akan di arahkan ke hosting yang lama.

Beberapa cara yang bisa di lakukan untuk merefresh DNS Cache:

1. cara pertama dengan perintah flush DNS. ketikkan perintah ini di MSDOS (CMD)

ipconfig /flushdns

2. cara kedua, Clear cache browser komputer kita, firefox, atau opera

Jika dengan kedua cara tersebut belum juga berhasil, kebetulan aku selalu gagal saat mencoba kedua cara tersebut, padahal cara tersebut paling banyak di sarankan.. terutama cara flushdns..

3. buat host domain untuk situs yang kita pindahkan hostinganya. caranya tambahkan IP dan situs kita ke file host. file “host” ada di C:\WINDOWS\system32\drivers\etc

tambahkan baris berikut:

IP-hosting-baru       www.situskita.com

contoh: 123.132.23.12    askinas.web.id

dengan cara ini akan membuat komputer kita terhubung langsung dengan IP situs kita tanpa melewati cache ISP.