Iseng-iseng ikut kontest menulis artikel tentang PPC yang di selenggarakan oleh Kliksaya.com tempat aku mencari sedikit Rupiah.. 😀 Karena aku masih Newbie dan belom ahli dalam bermain PPC.. jadi dalam artikel ini aku hanya akan sharing mengenai apa yang aku lakuin untuk memaksimalkan earning dari kliksaya ini. Semoga Tips dan Trik ini bisa bermanfaat buat para publisher kliksaya.com.

Sebelum membahas mengenai cara memaksimalkan earning dari PPC kliksaya, saya akan membahas sekilas tentang apa itu PPC dan Apa itu Kliksaya.com.

PPC atau Pay per click adalah suatu sistem periklanan dimana pengiklan atau advertiser hanya perlu membayar jika iklannya diklik oleh pengunjung situs publisher (penerbit iklan). Misalkan Advertiser A memasang iklan di suatu situs selama satu hari, iklan tersebut di tampilkan 10.000kali dan di klik 10 kali, maka advertiser hanya perlu membayar 10klik. Ga perduli berapa kali dan berapa lama iklannya di tampilkan, advertiser hanya perlu membayar sejumlah klik yang ia dapatkan. Contoh lain, Advertiser B memasang iklan di suatu situs selama setengah hari, iklan tersebut di tampilkan sebanyak 5.000kali dan di klik 50kali, maka advertiser harus membayar sejumlah 50klik.

Apa itu kliksaya.com? Kliksaya.com adalah suatu jaringan iklan yang mempertemukan Advertiser dan Publisher (Penerbit). Apa itu Advertiser? Advertiser adalah Pemasang Iklan, orang yang ingin iklannya di tampilkan di situs orang lain. Apa itu Publisher (Penerbit)? Publisher adalah orang yang mempunyai situs yang nantinya akan di pasangi iklan dari Advertiser. Kenapa Advertiser dan Publisher mau bergabung dengan jaringan iklan seperti kliksaya.com? Karena bagi advertiser akan lebih mudah mencari situs yang cocok untuk di pasangi iklan dari advertiser. Bagi publisher akan jauh lebih mudah mendapatkan advertiser yang mau memasang iklan di situsnya.

OK.. itu sekilas yang ternyata panjang pembahasan mengenai PPC dan Kliksaya.com. Sekarang kita masuk pada bahasan utama Bagaimana memaksimalkan earning dari kliksaya.com.

1. Optimasi Format iklan

Di jaringan iklan kliksaya terdapat banyak format ukuran iklan baik untuk iklan banner maupun teks. Di antara semua format iklan itu tidak semua efektif mengkasilkan klik bagi situs kita. Ingat kita hanya akan dibayar jika iklan kita di klik pengunjung situs kita. Berdasarkan pengalaman iklan Gambar berukuran 468×60, iklan Teks 300×250, dan iklan teks 728×90 adalah yang paling efektif mendatangkan klik. Lihat screenshoot dibawah.

2. Optimasi Tata letak iklan

Selain Format iklan, tataletak iklan juga mempengaruhi jumlah klik yang dapat kita peroleh, tentu saja setiap situs bisa berbeda-beda hasilnya tergantung layout dan template yang digunakan namun secara umum ada beberapa posisi yang sangat strategis mendatangkan klik. Lagi-lagi berdasarkan pengalaman beberapa posisi yang paling efektif mendatangkan klik adalah bagian atas kontent, bagian Header, dan bagian bawah kontent.

3. Kombinasi tata letak dan ukuran format

Kombinasi yang tepat akan memberikan hasil maksimal, begitu juga dalam pemasangan iklan dari kliksaya.com. Beberapa kombinasi yang dapat mendatangkan klik yang maksimal adalah:

  • Iklan teks 728×90 pada Header,
  • iklan image 468×60 di bagian atas kontent,
  • iklan Teks 300×250 di bagian bawah content,
  • iklan Iklan Gambar Persegi Mini (125×125) pada sidebar kanan.

posisi Iklan

4. Sediakan Space iklan gambar (468×60)

Kenapa saya menuliskan kembali pembahasan mengenai iklan gambar 468×60 padahal kan sudah di bahas di atas. Karena format iklan ini akan sangat mempengaruhi earning anda di kliksaya.com. Jika anda lihat kembali pada screenshoot pada tips nomor 1, iklan gambar 468×60 merupakan format iklan yang paling efektif. Berdasarkan pengalaman pengunaan satu iklan 468×60 di bagian atas content bisa meningkatkan earning sampai 2 kali lipat. Perhatikan Screenshoot berikut:

Jumlah klik pada iklan Gambar 468×60 yang di letakan pada bagian atas content mampu menghasilkan jumlah klik hingga 50% dari total klik yang diperoleh oleh suatu situs. Dan tentu saja mampu meberikan earning hampir 50% dari total earning.

5. Seleksi iklan yang muncul di situs anda

Sebagai publisher tentu kita mengharapkan banyak advertiser yang memasang iklan di situs kita. Tapi jangan senang dulu jika banyak iklan yang muncul di situs kita, semakin banyak iklan belum tentu memberikan hasil yang semakin besar.  Tidak semua iklan yang muncul di situs kita teroptimasi dengan baik, sebagai contoh untuk kasus Advertises A dan B diatas. Iklan dari Advertiser A ditampilkan 10.000 kali namun hanya menghasilkan klik sebanyak 10 kali, sementara iklan dari advertiser B hanya di tampilkan 5000 kali tapi menghasilkan klik sebanyak 50 kali. Artinya, seandainya nilai bid antara publisher A Rp700/klik dan B 500/klik, dari maka earning kita dari Advertiser A hanya 50%x10xRp700 = Rp3.500 per 10.000 page views, sementara earning dari publisher B 50%x50xRp500= Rp12.500 per 5000 page view atau Rp25.000 per 10.000 page views.

Lalu bagaimana cara mengoptimasinya? caranya adalah dengan melihat CTR (jumlah klik dibagi jumlah tampil) sekarang lihat screenshoot dibawah:

ctr

Dari screenshoot tersebut terlihat mana iklan yang efektif (CTR tinggi) dan tidak efektif (CTR rendah). Iklan no 1 (15klik/1000 tampil) dan 6 (17klik/1000 tampil) memiliki CTR yang lebih Tinggi dibanding dengan iklan No 3 (1.5klik/1000 tampil), 4 (1.7klik/1000 tampil), dan 5 (2.5klik/1000 tampil). Sehingga untuk mendapatkan hasil maksimal kita dapat menolak iklan No 3, 4, dan 5.

6. Bid lebih tinggi tidak berarti earning yang lebih besar

Sama seperti poin no 5. Semakin tinggi nilai bid situs kita, berarti situs kita semakin populer di mata advertiser. Namun lagi-lagi, jika kita ingin memperoleh earning yang maksimal, kita harus menyeleksi iklan yang muncul di situs kita. Pilih iklan yang CTR tinggi walaupun bid lebih rendah dari pada Bid tinggi tapi CTR rendah. Pada screenshoot poin 5 iklan no 3, 4, 5 memiliki bid yang lebih tinggi yaitu 550 dan 600 namun CTR rendah 1.5, 1.7, dan 2.5 per 1000 klik. Sementara iklan no 1, 2, 6 memiliki bid yang lebih rendah yaitu 500, namun CTR tinggi yaitu 15 dan 17.

Itulah beberapa tips dan trik memaksimalkan earning dari kliksaya.com. Tips dan trik tersebut ditulis berdasarkan pengalaman pribadi sehingga mungkin berbeda dengan situs atau publisher lain.

Di tulis untuk diikutsertakan sebagai Peserta Kontes Menulis Panduan KlikSaya.Com Periode Final.

Semoga Bermanfaat,

Asep Kurniawan
Aku345@askinas.net
http://askinas.web.id