Sejak banyaknya muncul kasus kebobolan berbagai account milik temen-temenku, mulai dari account FB, Email, sampai Account Paypal.. Mulai berpikir untuk sedikit meningkatkan keamanan PC-ku karena PC ini dipakai untuk kegiatan yang cukup vital.. Dari PC ini semua kegiatan mulai dari sekedar buka emai, FB, Forum-forum, sampai Transaksi online, Paypal, dan Manajemen Server aku lakuin..

Karena itu aku putusin untuk mengganti Anti virus dari Avira ke AVG, karena di AVG ada fitur anti Spyware-nya.. Spyware inilah salah satu program yang mungkin digunakan untuk mendapatkan username dan password berbagai account kita.. Karena itu Jika komputer kita biasa digunakan untuk online untuk keamanan Alangkah baiknya kalo kita menambahkan software yang memiliki fasilitas anti spyware ini..

AVG memiliki fasilitas yang aku butuhin untuk sedikit meningkatkan keamanan PC-ku.. namun ternyata AVG juga memiliki fitur yang cukup aku benci yang agak susah untuk di nonaktifkan yaitu automatic update.  Aku memang orang yang ga suka dengan fitur automatik update dari software apapun, kenapa? Karena PC-ku aku Deepfreeze, jadi mau di update 10kali tiap hari juga, setelah di restart akan kembali minta update lagi..

Di AVG ternyata cukup ribet untuk menonaktifkan fitur ini.. Seperti halnya software-software lain di PC-ku.. setelah selesai aku instal biasanya langsung aku nonaktifkan fitur automatic Updatenya.. Dan begitu juga dengan AVG ini.. Namun Tanpa di sadari ternyata Setiap aku konek dengan Internet, AVG tanpa aku ketahui melakukan Update dengan sendirinya, padahal fitur automatic updatenya sudah aku nonaktifkan.. Dan ribetnya lagi setelah Update minta restart komputer, dan peringatan restart ini ga bisa di nonaktifkan, tiap 5 menit muncul lagi dan muncul lagi.. Kalo aku restart komputer tentu saja ga ada gunanya, karena komputerku di deepfreeze..

Setelah tanya-tanya Google akhirnya ketemu juga cara untuk benar-benar mematikan fitur automatic update ini:

  • Buka AVG -> Tools – > Advanced Settings
  • Expand Pada bagian ‘Scheduler’, akan muncul 3 menu dua diantaranya ‘Virus database update schedule’ dan ‘Program update schedule’.
  • Klik pada ‘Virus database update schedule’ kemudian uncheck pada ‘Enable This Task’, Begitu juga pada’Program update schedule’
  • Klik Apply/OK.