Akhirnya setelah menunggu berhari-hari, hampir tiap 5 jam sekali di cek.. apalagi setelah muncul Payment in Progress.. nunggu Payment issued kayanya lama banget.

Sebenarnya seperti yang sudah diperkirakan dan seperti biasanya payment issued tanggal 26. Dan ternyata benar tadi malam saat aku cek pada pukul 22.00~ WIB, status GA ku Payment Issued. dan langsung deh hari ini Jumat, 27 Februari 2009, Pukul 09.35 tepat setelah Praktikum Pengelolaan Komputer di lab5 kampus Milan, aku menuju Bank mandiri yang berjarak sekitar 100meter dari Kampusku. Tentu dengan berharap-harap cemas karena:
Ada kabar2 bahwa alamat pencairan WU harus sama dengan Alamat KTP, padahal KTP-ku Ciamis, dan WU-ku Jogja.
Ada kabar juga mencairkan di Mandiri kena potongan 8%.

Namun dengan niat awal cuma mau nanya2 dulu akhirnya aku tetap berjalan menyusuri pingir jalan kaliurang.
Sampai di Mandiri aku disambut pak satpam, dan seperti biasa kalo ke bank pasti di tanya “ada yang bisa dibantu?” Ya aku jawab “Saya mau ke customer service.” Trus diambilin nomor antrian waduh No.34, padahal saat itu antrian baru menunjukkan nomor 24, wah masih lama nih.

Setelah menunggu sekitar 45 menit akhirnya sampai juga ke urutan 34. Dan setelah tanya-tanya-tanya-tanya sama CS-nya. Kekhawatiran pertama yaitu ga bisa nyairin karena alamat WU beda sama alamat KTP, tidak terbukti, Alias tidak masalah beda alamat. dan setelah tanya-tanya-tanya-tanya lagi, Kekhawatiran kedua pun tidak terbukti, Mencairkan di Mandiri UGM tidak dikenai potongan sama sekali.

Nah bagian ketiga nih yang ga di khawatirkan malah terjadi, Kurs yang dipakai ternyata beda sama Kurs bank yang berlaku. Berbeda sekitar Rp200/$, Saat itu Kurs Bank Mandiri Rp11.880/$, ternyata aku cuma dapat Kurs RP11.681,6/$ atau selisih Rp198,4/$.

Ini bukti Transaksinya:

Klik untuk zoom

Kesimpulannya:
Mencairkan Wertern Union Adsense di Bank Mandiri UGM Jogja:
1. Tidak ada biaya/potongan, hanya ada biaya Materai Rp6000, dipotong dari pencairan.
2. Alamat KTP dan Alamat WU beda tidak masalah.
3. Kurs WU Berbeda sama Kurs Bank Selisih Rp200.
4. CSnya lumayan cantik, tapi Tellernya biasa aja tuh.. 😀

Syarat Pencairan Adsense WU di Bank Mandiri UGM Yogyakarta:
1. MTCN (Money Transfer Control Number).
2. Pengirim Lengkap (Google Inc., Alamat Google).
3. Jumlah Kiriman.
4. KTP/SIM yang masih berlaku dan punya sendiri.
5. Ngisi Form WU (disediakan Mandiri).
6. Traktir aku kalo dah cair… 😀

Selamat Mencairkan WU.. Ingat point 6 itu paling penting loh… 😀